Jurusan Kedokteran & Kedokteran Gigi: Oxford No. 1 Dunia, NUS No. 1 Asia, UGM No. 1 Indonesia





Kontributor: Anggun Gunawan

 

Salah satu bidang keilmuan yang diminati oleh calon mahasiswa di Indonesia adalah Kedokteran dan Kedokteran Gigi. Nah, untuk skala global, ada 10 universitas dari 3 negara yang menjadi pemilik fakultas kedokteran dan kedokteran gigi terbaik seantero dunia. 3 negara itu adalah UK, US dan Swiss.

3 peringkat teratas dikuasai oleh universitas dari negeri Ratu Elizabeth: University of Oxford (1), University of Cambridge (2), dan Imperial College London (3). Di bawahnya ada universitas dari Amerika dan Swiss: University of Chicago (4) dan ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology Zurich (5).









Universitas dari Benua Asia-pun sebenarnya tak kalah mentereng dari jurusan kedokteran dan kedokteran gigi yang ada di perguruan tinggi Eropa dan Amerika. Paling tidak ada 3 universitas di Asia yang bisa menembus deretan 20 top dunia: National University of Singapore (13), Peking University (18), Tsinghua University (19).

Jadi buat kamu yang ngak ingin jauh-jauh kuliah dari Indonesia berangkat Singapura dan China bisa menjadi destinasi yang menarik.









Sementara untuk Indonesia sendiri, peringkat teratas jurusan kedokteran dan kedokteran gigi masih dikuasai oleh Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Universitas Indonesia. UGM unggul dari hal perbandingan jumlah dosen dan mahasiswa, dimana 12.4 mahasiswa diampu oleh 1 dosen. Sedangkan UI berada di rasio 13.7 mahasiswa per 1 orang dosen. Namun dari segi kuantitas mahasiswa internasional, UI lebih unggul dari UGM, dimana UI memiliki 5% mahasiswa mancanegara. Sedangkan UGM hanya memiliki 1% mahasiswa internasional.









 

 
Sumber Ilustrasi Gambar: http://www.dtc.ox.ac.uk/people/13/dunnem/img/nuffield.jpg

Sumber Informasi: https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings/2018/world-ranking#!/page/0/length/25/subjects/3141/sort_by/rank/sort_order/asc/cols/stats

Leave a Comment