Cara Mendapatkan LoA dari Kampus di Inggris




Hi sobat Cerdas Kuliah. Kali ini kita akan membahas bagaimana caranya mendapatkan Letter of Acceptance unconditional alias surat tanda diterima tanpa syarat di salah satu kampus di UK. Kali ini saya akan membagikan pengalaman memperoleh LoA Unconditional dari MA in Publishing Media, Oxford Brookes University UK.

Biasanya pendaftaran mahasiswa baru pascasarjana universitas-universitas di UK bisa melalui 2 jalur. Jalur pertama lewat website kampus. Kedua lewat website UKPas (https://pgapp.ukpass.ac.uk/). Saya pribadi diminta oleh pihak kampus untuk mendaftarkan diri lewat jalur kedua.




Berikut kami rincikan tahap-tahap untuk mendaftar via website UK Pass:

  1. Membuat akun di https://pgapp.ukpass.ac.uk/
  2. Memilih jurusan yang akan diambil.
  3. Mengisi beberapa form antara lain:

a. Personal





b. Further details


c. Course details


d. School/High School


e. School/High School qualifications





f. University details


g. English proficiency / Professional qualifications


h. Work experience


i. Supplementary information





j. Personal statement


k. Referee details & reference (1)


l. Referee details & reference (2)

 




Setelah mengetahui informasi apa saya yang harus teman-teman isi di website UKPass, maka ada beberapa saran dari saya agar pendaftaran teman-teman segera ditindak-lanjuti oleh pihak Admission Kampus:

  1. Pastikan informasi yang diberikan valid dan lengkap. Jangan buru-buru untuk menyelesaikan semua pengisian form dalam satu hari.
  2. Pastikan teman-teman telah memiliki band IELTS sesuai dengan yang dimintakan oleh pihak kampus. Karena dengan itu teman-teman berpeluang besar untuk mendapatkan LoA Unconditional.
  3. Dapatkan 2 surat rekomendasi dari figur-figur yang mengenal teman-teman dengan baik dan punya reputasi profesional dan akademis yang bagus. 2 sosok ini bisa dosen ketika kuliah dulu, atasan di tempat bekerja, atau kolega akademik yang memang sering berkolaborasi dengan teman-teman.
  4. Usahakan sudah memiliki passport karena beberapa isian pendaftaran sangat memerlukan data yang ada di dalam passport.

Demikian tips dari saya soal bagaimana cara mendapatkan LoA Unconditional dari kampus di UK.




 

Penulis: Anggun Gunawan (Awardee LPDP 2017, Kampus Tujuan MA in Publishing Media Oxford Brookes University intake September 2019)

Sumber Ilustrasi Foto:https://www.oxfordinternationaljuniors.com/wp-content/uploads/2015/09/Oxford-Rooftops-1024×418.jpg

Leave a Comment