Indah Kusuma Dewi: Doktor Termuda UIN Lampung

‘Muda, pintar dan berprestasi itulah sepenggal ungkapan yang pantas diberikan oleh sahabat kami tercinta Indah Kusuma Dewi. Bagaimana tidak berprestasi, diumurnya yang masih sangat belia 27 tahun beliau telah menorehkan tinta emas dengan menggondol gelar Doktor (S3) dalam Ilmu Manajemen Pendidikan Islam dan sekaligus dinobatkan sebagai Doktor Termuda di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Tidak hanya pintar dan berprestasi, namun disisi lain ada karakter yang menjadi ciri khasnya dan menjadi nilai lebih dimata kami selama bergaul dengannya. Disiplin yang dibalut dengan kerendahan hati serta ketegasan adalah jalan yang ia tempuh untuk mencapai keberhasilan. Dengan segala perjuangan dan kesederhanaannya (low profile) ia mampu ‘mendobrak’ segala keterbatasan yang ia miliki.

Dengan latarbelakang pendidikan yang jelas yaitu, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Irsyadut Tholibin Tugu (1997 – 2003), Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding MTS N 3 Tulungagung (2003 – 2006), Madrasah Aliyah Negeri Kunir MAN 3 Blitar (2006 – 2009),

Dan pengembaraan ilmiahnya dilanjutkan ke Strata 1 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung jurusan Agama Islam (2009 – 2013), Diploma 2 Universitas Terbuka jurusan Ilmu Sosial dan Politik Konsentrasi Ilmu Perpustakaan (2013 – 2014), Starata 2 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung jurusan Pendidikan Agama Islam (2013 – 2015) dan Strata 3 Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung jurusan Manajemen Pendidikan Islam (2015 – 2019).

Segudang ilmu yang ia peroleh ia dedikasikan dan diaplikasikan dalam dunia kerja, hal ini terbukti sederet pengalaman berbagi ilmu yang ia lakukan antara lain, guru tetap yayasan MI Irsyadut Tholibin Tulungagung (2010 – 2017), Dosen Luar Biasa (DLB) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung (2017 – Sekarang), dan Dosen Luar Biasa (DLB) Unit Pengembangan Bahasa (UPB) IAIN Metro (2018 – Sekarang) serta beliau aktif menjadi Editor Script di Perusahaan Penerbitan Buku CV. Gre Publishing Jogjakarta cabang Lampung.

Bertepatan hari Kamis 28 Maret 2019 bertempat di Ruang Sidang Lantai II Gedung Utama Program Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung dalam sebuah acara Ujian Promosi untuk memperoleh Gelar Doktor dalam Ilmu Manajemen Pendidikan Islam dengan judul “IMPLEMENTASI NILAI – NILAI PROFETIK DALAM KEPEMIMPINAN MODERN PADA MANAJEMEN KINERJA DI PERGURUAN TINGGI ISLAM SWASTA KOTA METRO, dengan Prof. DR. H. MOH. Mukri, M. Ag selaku Ketua Tim Penguji, DR. H. M. Akmansyah, M.A selaku Sekretaris, Prof. DR. H. Syaripudin Basyar, M. Ag, Prof. DR. Wan Jamaludin, M. Ag, DR. Yetri, M. Pd selaku Promotor, Prof. DR. H. Idham Kholid, M. Ag dan DR. HJ. Siti Patimah, M. Pd selaku Tim Penguji.

Indah Kusuma Dewi telah berhasil meraih impiannya sebagai seorang Doktor Muda dan dinyatakan lulus setelah ia merekomendasikan tulisan karya ilmiahnya kepada para pemimpin dan masyarakat yang ia tuangkan dalam tulisan apik untuk menjadi pemimpin yang menerapkan nilai sidiq, amanah, fatonah, dan tabligh dan saling integran-interkoneksi dengan fungsi kepemimpinan modern sebagai pathfinding, aligning, empoweringdan modeling. Sehingga terbentuk kepemimpinan modern yang bersinergi dengan kepemimpinan Nabiyullah wa Rosulullah Muhammad Shollallahu ‘alaihi Wasallam yang berlandaskan Al Qur’an.

Teruntuk sahabat kami DR. Indah Kusuma Dewi,Semoga ilmu yang kau raih Allah limpahkan keberkahan dan rahmat Allah SWT selalu mengalir untuk mu dan juga untuk orang yang kau sayangi.Tetaplah menjadi seorang Indah yang kami kenal, seorang yang lembut, disiplin dan Tegas serta ketawadu’an yang selalu kau pancarkan.

Aamin Ya Robbal ‘alamiin

Leave a Comment