Pengalaman Perpanjangan Passport di Kantor Imigrasi Kelas 1 Yogyakarta



Hari Jum’at kemarin (5 Juli 2019), akhirnya saya mendapatkan passport baru setelah pengurusan seminggu sebelumnya. Passport lama saya akan habis 18 Agustus 2019 besok. Artinya saya mengurus perpanjangan passport sebulan sebelum masa passport lama berlaku. Saya membutuhkan passport baru karena akan melanjutnya kuliah S2 di UK.

Passport lama saya cuma diisi 2 kunjungan ke luar negeri. Oktober 2014 ke Frankfurt Jerman untuk menghadiri Pameran Buku Frankfurt Book Fair. Kesempatan kedua adalah ke Kuala Lumpur Malaysia untuk menghadiri Pameran Buku Kuala Lumpur Book Fair 2018.

Adapun proses-proses yang saya lalui untuk memperpanjang passport adalah sebagai berikut:

  1. Mendownload aplikasi Layanan Passport Online yang dimiliki oleh Direktorat Imigrasi Republik Indonesia. Download aplikasi ini cukup mudah karena tersedia di google play store.
  2. Isi data registrasi di aplikasi layanan paspor online. Pastikan saat mengisi form registrasi itu ada KTP dan Kartu keluarga di samping teman-teman.
  3. Booking hari pengurusan perpanjangan paspor. Perlu sekali DIINGAT bahwa booking jadwal ini hanya bisa dilakukan saat weekend. Jum’at sore sampai Ahad malam. Bagusnya di Jum’at malam teman-teman sudah buka aplikasinya untuk mendapatkan jadwal kedatangan ke kantor Imigrasi.
  4. Kalau sudah mendapatkan jadwal kedatangan, teman-teman tinggal menyiapkan beberapa dokumen. Untuk pengurusan perpanjangan Passport yang dibutuhkan adalah:
  • KTP
  • Kartu Keluarga (Bagi yang kartu keluarga sudah berpisah dari KK Orang tua diharapkan untuk tetap membawa KK Ortu karena nanti ada isian Nama dan Tanggal Lahir orangtua)
  • Paspor Lama
  • Buku Nikah/Akta Kelahiran/Ijazah

(Pastikan semua dokumen di atas teman-teman fotokopi masing-masing 1 lembar)

5. Ketika sampai di kantor Imigrasi Kelas 1 Yogyakarta, saya langsung menuju meja di depan kantor yang diduduki oleh “Duta Imigrasi” (sepertinya anak-anak SMK yang magang di kantor Imigrasi Jogja). Saya sampaikan bahwa keperluan saya untuk mengurus perpanjangan Paspor. Kemudian petugas tersebut menanyakan, apakah saya sudah booking jadwal via aplikasi. Kemudian saya tunjukkan bukti pendaftaran berformat PDF yang diberikan saat booking jadwal online. Setelah itu saya dikasih formulir yang berisi 2 lembar. 1 lembar adalah isian data diri. 1 lembar adalah surat pernyataan.

6. Saat mengisi Isian Data Diri, siapkan KTP, Paspor Lama, KK, dan KK Ortu. Karena beberapa data seperti nomor NIK, nomor paspor lama, Nama dan Tempat Tanggal Lahir orang tua kadang tidak semuanya kita hafal.

7. Untuk kelengkapan Surat Pernyataan maka kita harus tanda tangan di atas materei 6000. Oleh karena itu bagusnya teman-teman sudah menyiapkan materei dari rumah. Jikapun tidak, teman-teman bisa membeli di Mobil Layanan Pos Indonesia yang parkir di halaman kantor Imigrasi Jogja atau bisa dibeli di Koperasi Imigrasi Jogja yang berada di dekat parkiran.

8. Setelah isian data diri form dan surat pernyataan selesai, saya kembali ke Meja “Duta Imigrasi” untuk mengambil Nomor Antrian Costumer Service.

9. Form isian data diri dan surat pernyataan dimasukan beserta KTP, KK, Paspor Lama, Ijazah/Akta Kelahiran/Buku Nikah berserta kopiannya di map. Karena pas di customer service semuanya akan diperiksa satu per satu.

8. Jika nama kita sudah dipanggil ke Customer Service, maka kita tinggal lihat semua berkas. Apabila semua berkas dianggap sudah lengkap, maka kita akan mendapatkan nomor antrian lagi menuju Desk Wawancara dan Foto Diri di ruangan khusus.

9. Di ruang wawancara kita akan diminta untuk menunjukkan berkas-berkas di atas. Nanti kita ditanya soal keperluan membuat paspor. Ketika itu saya jawab, “Untuk keperluan kuliah S2 ke UK”. Setelah berkas dan wawancara selesai, saya diminta menunggu untuk panggilan foto.

10. Nah, untuk proses foto ini saran saya sieh teman-teman pakai kemeja yang rapi, kumis yang rapi dan rambut yang rapi. Karena foto yang diambil akan jadi identitas kita selama 5 tahun ke depan. Kemarin saya memakai baju kemeja biru karena background foto passport adalah warna putih.

11. Setelah semua selesai, maka kita akan dikasih Surat Pembayaran yang nantinya digunakan untuk keperluan pembayaran pengurusan perpanjangan Visa sebesar Rp. 350.000,-. Di Kantor Imigrasi Jogja, kita bisa bayar langsung di Mobil Layanan Pos Indonesia. Jadi tinggal ke luar menuju halaman, tinggal bayar dan beres. Kita tinggal nunggu 3 hari kerja untuk pengambilan Passport Baru.

Kemarin saya harus menunggu sekitar 7 hari kerja untuk pengambilan passport. Jadi mengurus perpanjangan hari Rabu, baru bisa diambil hari Jum’at. Ini dikarenakan ada masalah di sistem Imigrasi. Tapi pegawai Imigrasinya cukup ramai dan membantu. Karena kita dikasih sms pemberitahuan bahwa paspor sudah bisa diambil.



Leave a Comment