Pengalaman Mengurus Visa UK – General Student Visa (Tier 4)

Penulis: Anggun Gunawan (Mahasiswa MA Publishing Media Oxford Brookes University Intake September 2019)

Hallo Sobat Cerdas Kuliah. Kali ini saya akan membagikan pengalaman mengurus Visa UK untuk keperluan kuliah S2 di Oxford Brookes University. Kalau boleh dibilang, pengurusan Visa UK untuk mahasiswa sebenarnya relatif mudah dan nyaman. Mungkin kalau kita berada di daerah luar Jakarta, Surabaya dan Bali, ongkos wira-wiri yang kemudian harus disiapkan.

Tahapan untuk membuat Visa UK adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke Website VFS Global. Dan di bagian paling atas ada pilihan “I’m resident of ……………… (pilih Indonesia). Terus di sampingnya ada “I’m going to…………… (UK).
  2. Masih di Website VFS Global, scroll agak ke bawah. Kemudian teman-teman akan menemukan 3 Paket Pilihan.

a. I will do it myself (tidak ada biaya tambahan)

b. Make my application easy and fast (kena biaya tambahan Rp. 550.000)

Fasilitas yang diberikan adalah:

  1. Dokumen kita akan dibantu cek oleh petugas VFS Global. Sehingga ngak perlu khawatir kalau ada dokumen yang belum lengkap.
  2. Passport dan Visa akan dikirim ke alamat tanpa capek-capek harus balik lagi di VFS Jakarta/Bali/Surabaya.
  3. Mendapatkan SMS pemberitahuan soal progress pengajuan visa.
  4. Mendapatkan Sim Card Vodafone isi 20GB. Yang nantinya bisa diaktifkan saat berada di Bandara di UK.

c. Get VFS Global to do it for me (kena tambahan Rp. 1.390.000)

Fasilitas yang akan didapatkan:

  1. Ruang Tunggu kelas Premium
  2. Sim Card Vodafone

Paket yang ingin dipakai tergantung dari pilihan teman-teman. Saya kemarin pakai Paket Silver karena ada fasilitas jasa kurir, sim card dan cek dokumen. Selain itu saya menambahkan jasa Translation dan Scan-Upload Dokumen.

VFS Global Kuningan City Mall Jakarta Selatan

Sementara teman saya yang barengan apply visa, memilih paket “I will do it Myself”. Tetapi ia menambahkan paket “Scan-Upload Dokumen”.

3. Setelah memilih 3 paket di atas, maka website VFS Global akan mengarahkan kita ke Website Gov.uk tempat kita melakukan apply visa lengkap dengan isian lebih dari 20 halaman online. Jadi sebelum masuk ke tahap ini siapkan dokumen-dokumen penting.

a. Passport Lama dan Passport yang masih berlaku.

b. CAS dari kampus tujuan.

c. Kartu Keluarga sendiri (yang memuat istri dan anak) dan Kartu keluarga orang tua (yang ada data Ibu dan Ayah).

d. KTP yang masih berlaku.

e. Akta Kelahiran (Untuk melihat data tempat dan tanggal lahir. Sesuai dengan passport)

Nah, karena mengisi form ini cukup lama, maka bagusnya sediakan waktu yang lumayan. Saya kemarin menghabiskan sekitar 2 jam untuk menyelesaikan isian form Visa UK ini.

Karena isiannya banyak dan harus tepat maka Bagian Urusan Mahasiswa Internasional kampus-kampus di UK memberikan panduan untuk pengisian Visa ini. Berikut saya lampirkan Buku Panduan yang diberikan oleh Oxford Brookes University (Klik di sini)

4. Setelah Isian form selesai semua (secara online) maka kita harus melakukan pembayaran via online Payment. Pilihan bisa Kartu Kredit, Kartu Debit atau Paypal. Kalau saya kemarin pakai Kartu Debit Mandiri yang sudah diaktifkan akses Verified by Visa nya. Adapun dana yang harus disiapkan di rekening antara Rp. 16-20 juta. Saya kemarin habis sekitar Rp. 15,8 juta. Biaya Visa dan IHS sendiri sebenarnya di angka 15 juta rupiah (tergantung kurs hari ini.) Tapi nambah karena ada beberapa tambahkan paket layana VFS.

Pembayaran Pertama adalah IHS (Asuransi Kesehatan). Biayanya tergantung masa studi kita di UK. Saya kemarin bayar USD 598.50 untuk keterangan masa kuliah S2 selama 13 bulan. Untuk ngecek berapa harus bayar IHS bisa dilihat di website ini (klik di sini).

Kalau untuk Visa nya sendiri harus keluar biaya 452.00 USD. 

5. Setelah pembayaran Visa, maka kita akan diarahkan menuju halaman jadwal Appointment di kantor VFS yang diinginkan. Saya kemarin memilih melakukan Appoitment di VFS Global Kuningan City Jakarta Selatan. Nanti akan tersedia pilihan hari dan tanggal serta jam appointment.

Saya sendiri selesai melakukan pendaftaran dan pembayaran online Visa UK hari Minggu, 21 Juli 2019. Sebenarnya hari Senin, 22 Juli 2019 tersedia jadwal appointment. Tetapi saya memilih hari Rabu, 24 Juli 2019.

Form Data Pengajuan Visa dengan keterangan Passport akan dikirim ke alamat

6. Persiapan Appointment

Saya berangkat dari Jogja ke Jakarta naik kereta Selasa Pagi 23 Juli 2019 bersama seorang teman yang akan kuliah S2 di University of Bristol. Sebelum berangkat ada beberapa dokumen yang sudah saya siapkan.

Dokumen Wajib:

  1. Form biodata yang merupakan resume dari semua data yang sudah kita masukan di Website Visa Gov UK. (Diprint)
  2. Form Appointment yang didapatkan setelah pemilihan jadwal appointment (Nanti di email kita ada link untuk mendownload form ini).
  3. Passport yang masih berlaku
  4. Passport lama
  5. CAS dari Kampus
  6. ATAS (untuk jurusan kuliah tertentu saja)
  7. Sertifikat TBC (silahkan baca tulisan saya mengurus Surat Bebas TBC di RS. Premiere Surabaya – KLIK DI SINI)
  8. Rekening dengan jumlah Saldo yang disyaratkan oleh Pemerintah Inggris. Kalau untuk penerima beasiswa LPDP biasanya cuma membawa Letter of Guarantee.

Dokumen Tambahan (bersifat Optional saja):

  1. Akta Kelahiran yang sudah ditranslate
  2. Ijazah S1 untuk yang akan kuliah S2, ijazah S1 dan S2 untuk yang akan kuliah S3.
  3. Sertifikat IELTS yang masih berlaku.

Berdasarkan penuturan teman-teman yang mengikuti seminar-seminar pengurusan Visa yang diadakan oleh British Council, maka dokumen yang diperlukan oleh applicants dari Indonesia ngak terlalu banyak. Yang wajib cuma:

  1. Passport yang masih berlaku
  2. Surat Keterangan Bebas TB
  3. Surat jaminan dari pemberi beasiswa/rekening dengan saldo jumlah tertentu.
  4. CAS
  5. ATAS (Jika diperlukan)

Karena saya datang dari Jogja, maka saya datang sehari sebelum hari Appointment. Di belakang Kantor VFS di lantai 3 Kuningan City Mall ada banyak penginapan murah. Teman-teman bisa memesan lewat berbagai macam applikasi seperti Traveloka, Reddoorz, Airy Room dll. Sehingga nanti tinggal jalan kaki saja dari penginapan ke Kuningan City Mall. Saya kemarin nginap di Plaza Residence 45 yang cuma 300 meter dari Kantor VFS.

7. On the Spot Appointment

Kita baru diperbolehkan masuk ke ruangan VFS khusus Visa UK 15 menit sebelum Appointment. Jadi jangan terlalu cepat datangnya (kecuali mau cuci mata lihat tennat-tennat di Kuningan City Mall-nya) dan jangan juga terlambat.

Karena yang boleh dibawa masuk ke dalam ruangan aplikasi visa hanya dokumen-dokumen yang dibutuhkan saja, maka kita diminta untuk menitipkan tas di loker yang sudah disediakan (bayar Rp. 20.000).

Setelah ambil nomor antrian di meja Security, saya kemudian masuk ke ruangan aplikasi visa. Pas nama kita dipanggil, maka langsung saja menuju loket yang disebutkan oleh speaker antrian otomatis.

Alhamdulillah, Mbak pegawai VFS yang melayani saya cukup ramah. Sehingga bisa nanya-nanya soal prosedur dan apakah dokumen yang saya bawa sudah lengkap. Karena saya pakai paket scan dan upload dokumen, maka saya hanya menyerahkan dokumen-dokumen saja. Kemudian pegawai VFS yang melakukan proses scan dan upload di websitenya.

Karena saya juga beli jasa kurir, maka saya diminta untuk mengisi form yang berisi alamat yang nantinya berguna untuk VFS mengirimkan Passport kita setelah proses visa selesai.

Dokumen yang diserahkan untuk diupload ngak mesti dokumen Asli. Boleh yang fotokopi. Kemarin saya bawa versi asli dan fotokopi buat jaga-jaga.

Menunggu sekitar 15 menit, saya kemudian dipanggil ke ruangan biometric untuk pengambilan sidik jari dan foto. Cukup singkap sieh proses di ruangan biometric ini. Ngak sampai 10 menit.

Setelah itu, saya menunggu sekitar 10 menit untuk pengambilan dokumen yang diserahkan di awal.

8. Email Update Proses Visa

Sehari setelah Appointment di VFS Jakarta, saya mendapatkan email bahwa pengajuan visa saya sudah diterima oleh Kantor Visa UK di Sheffield. Tanggal 30 Juli 2019, datang email dari VFS Global Jakarta bahwa proses saya sudah keluar dan saya diminta menunggu karena passport + visa saya akan dikirim ke Jogja. Tanggal 1 Agustus 2019, saya mendapatkan pemberitahuan via email bahwa Paket Passport saya sudah dikirim oleh jasa ekspedisi ARAMEX. Dan akhirnya Sabtu Siang tanggal 3 Agustus 2019 Passport lengkap dengan Visa UK saya sudah sampai di rumah saya.

Passport dan Visa sudah mendarat di Jogja lewat Ekspedisi Aramex

Leave a Comment