Subhan Raih Doktor Pengembangan Masyarakat Islam setelah Meneliti Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Pesawaran

Rabu, 25 November 2020, bertempat di ruang sidang Gedung Pascasarjana UIN Raden Intan, Lampung, digelar acara Promosi Doktor Pengembangan Masyarakat Islam. Alhamdulillah wa syukurillah, dalam acara tersebut salah seorang kontributor Agree Media Publising, Bapak Subhan, M. Pd, telah menyelesaikan ujian kelulusan dan secara resmi mendapatkan gelar doktoralnya.

Salah satu peraih beasiswa program 5000 Doktor Mora ini, lulus dengan disertasi yang berjudul “Penguatan Mental Spiritual sebagai Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Islam di Kabupaten Pesawaran” (studi pada program pemberdayaan pondok pesantren darul huffaz lampung). Disertasi tersebut diuji oleh 3 orang promotor, yakni Prof. Dr. Hi. MA. Achlami HS., M.A. , Dr. Shonhaji, M. Ag. , dan Dr. Hi. Abdul Malik Ghozali, M.A.

Mesti tumbuh di desa kecil, nyatanya Dr. Subhan lahir dari orang tua luar biasa yang teguh, disiplin, dan pantang menyerah. Tak mengherankan bila bungsu dari 7 bersaudara ini memiliki semangat yang luar biasa dalam pendidikannya.

Suami dari Nurfalizah, Al Hafidzoh, S. Pd. I dan ayah dari kakak Ifroh ‘Ilma Atqiya dan abang Mhd. Mora Auliya’ ini menamatkan jenjang SD hingga Madrasah Aliah Mathla’ul Anwar (Yayasan Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar) di Kedondong Pesawaran. Kemudian melanjutkan pendidikan tinggi ke IAIN Raden Intan lampung (sekarang UIN RIL), pada jurusan Tadris Bahasa Inggris (sekarang PBI) dan berhasil meraih gelar kesarjanaan setelah berhasil mempertahan Skripsi yang berjudul “Analyzing the Students’ English Achievement Taught Grammar Translation Method in Teaching Process. A Study Case That Appear at Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Kedondong Pesawaran in 2010”, dibawah bimbingan Meysuri, M. Pd dan Siswoyo, M. Pd.

Selanjutnya pada tahun 2015 Bapak Subhan melanjutkan Magister (S2) pada Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung pada jurusan Manajemen Pendidikan Islam dan tamat pada tahun 2017 dengan mengedepankan penelitian thesis yang berjudul “Supervisi Akademik Kepala Madrasah (Studi Pada MTSS Darul Huffaz Lampung Kabupaten Pesawaran), di bawah bimbingan Dr. Yetri, M. Pd dan Dr. Jamal Fakhri, M. Pd.

Di tahun yang sama dengan kelulusannya , beliau langsung melanjutkan studi doktoral setelah mendapatkan kesempatan meraih beasiswa program 5000 doktor Kementerian Agama Republik Indonesia pada UIN Raden Intan Lampung 2017, program studi Dakwah dan Ilmu Komunikasi, konsentrasi Pengembangan Masyarakat Islam.

Pada suatu kesempatan, beliau menyampaikan, “Sebagai generasi muda khususnya putra daerah Pesawaran, saya secara pribadi melandasi motivasi saya dalam meng-upgrade potensi diri karena pentingnya kita sebagai generasi muda untuk mempersiapkan diri kita sebagai SDM yang unggul dan berkarakter, mengingat modernisasi dan globalisasi dunia yang bermakna persaingan intelektual perlu dihadapi dengan cara mempersiapkan diri.”

Bagi Dr. Subhan, pencapaian yang diraihnya pada prinsipnya merupakan pencapaian bersama khususnya kedua orangtua, istri dan anak-anak, guru, teman, dan sahabat yang terus memberi masukan, arahan dan semangat. Bapak Subhan percaya bahwa segala usaha hingga pencapaian yang kita raih merupakan sebuah proses dedikasi dalam berkarya.

Terakhir beliau berpesan, bahwa pemuda Pesawaran umumnya, pemuda Lampung bahkan lebih khusus lagi pemuda muslim hendaknya mengisi dan mempersiapkan diri tidak hanya skill dan kemampuan namun lebih utama lagi menanamkan karakter keislaman dalam setiap pencapaian yang diraih.

Selamat atas pencapaian Bapak Dr. Subhan, M. Pd. Semoga apa yang beliau upayakan dan cita-citakan dapat bermanfaat bagi umat.

Leave a Comment