Teliti Dana Desa, Muhammad Rudi Wijaya Raih Gelar Doktor UIN Raden Intan Lampung

Selasa (14/01), bertempat di Gedung Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung, Muhammad Rudi Wijaya berhasil mendapatkan gelar doktoralnya setelah menyelesaikan pendidikannya di bidang Ilmu Pengembangan Masyarakat Islam.

Rudi Wijaya merupakan salah satu mahasiswa S3 dari program beasiswa 5000 doktor angkatan 2017. Dan di tahun 2020 lalu, dengan dipromotori oleh Prof. Dr. H. M. Bahri Ghazali, M.A , Dr. H. Sonhaji, M.Ag. , dan Dr. Hj. Heni Noviarita, M.S.i., Rudi Wijaya memaparkan disertasinya yang berjudul Pemanfaatan Dana Desa Berbasis Partisipasi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Islam di Kabupaten Lampung TImur.

Penelitian ini menitikberatkan pada masalah-masalah yang dihadapi oleh pemerintah desa terkait dengan pemanfaatan dana desa sebagai motor penggerak pembanguannya. Penelitian beliau difokuskan di Kabupaten Lampung Timur yang sekaligus merupakan tanah lahirnya. Bukan tanpa alasan bagi Rudi Wijaya untuk menyoroti kampung halamannya, hal ini dilandasi dari harapan orang tuanya, Bapak Sakijan dan Ibu Kusmiati, yang ingin anaknya dapat mencapai pendidikan tinggi, mengangkat derajat keluarga dan masyarakat di tempat lahirnya.

Saat ini Rudi Wijaya aktif bekerja sebagai dosen tetap di salah satu kampus PTKIS di SekolahTinggi Ilmu Syariah(STIS) Darul Ulum Lampung Timur.

Leave a Comment